Blekok, Burung Teman Sejati Pembajak Sawah Yang Hampir Punah

Administrator 08 Februari 2018 14:03:16 WIB

BAWURAN – Pemandangan sawah Kamis pagi (8/2/2018) terlihat beberapa kelompok Burung Blekok sedang “bercengkrama” dengan pembajak sawah. Mereka seakan bersenang-senang dengan hadirnya pembajak sawah, karena dalam hal pembajak sawah mengolah tanah, akan banyak sekali makanan untuk Burung Blekok. Blekok sawah (Ardeola speciosa) adalah spesies burung dari famili Ardeidae. Makanan utamanya adalah serangga, ikan, dan kepiting. Burung ini menyebar luas di Asia Tenggara. Panjang tubuh sekitar 46 cm. Paruh berwarna kuning dan hitam pada ujungnya. Pada masa tidak berbiak warna punggung lebih kecokelatan.

Pembangunan di wilayah Kabupaten Bantul sangat pesat, bahkan pembangunan rumah-rumah pribadi yang memakan tanah persawahan juga tidak kalah pesat. Keadaan ini juga terjadi di wilayah Kecamatan Pleret khususnya di Desa Bawuran. Kondisi ini menyebabkan berkurangnya lahan subur hijau sebagai penopang produksi beras, berimbas dengan semakin berkurangnya habitat untuk burung Blekok berkembang biak dan mencari makan.

Untuk itu, apabila anda ingin melihat bagaimana Burung Blekok, silahkan mampir ke Desa Bawuran atau sekedar menghilangkan penat bersepeda sambil menikmati persawahan yang sedang dalam tahap pengolahan tanah untuk dapat siap ditanami bibit padi kembali. Di Tahun 2018 bulan Februari ini menjadi momen yang tepat untuk bisa melihat sekelompok Burung Blekok di Desa Bawuran. Jika anda beruntung, bonus pemandangan yang dapat melihat megahnya Gunung Merapi. (Foto dan Kontributor : Adhy Irawan S.)

Komentar atas Blekok, Burung Teman Sejati Pembajak Sawah Yang Hampir Punah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Open Data Pronangkis

Open Data Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Cari artikel

Pengumuman

Selamat Tahun Baru 2022

Scan Lewat Smartphone

qr code

GPR Kominfo

Tanggal dan Waktu Sekarang

Waktu di DI Yogyakarta:

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License