Evaluasi Kampung Siaga Bencana, Tekankan Pada Kepengurusan

Administrator 30 Maret 2018 20:56:37 WIB

BAWURAN - Rasa sosial dalam masyarakat memang sangat dibutuhkan, utamanya dalam hal membantu sesama di saat terjadi bencana. Dinas Sosial dalam mengambil sikap untuk menangani bencana di tingkat paling bawah yang langsung menyentuh di masyarakat dibentuklah Tim dalam sebutan Kampung Siaga Bencana (KSB). Dinas Sosial mulai dari pembentukan, pelatihan, simulasi hingga memasok logistik telah dilakukan pada Desa Bawuran.

Beberapa waktu yang lalu di Desa Bawuran terjadi beberapa bencana yang mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit, mulai dari angin kencang, pohon roboh, longsor, bahkan banjir. Maka dari itu perlunya tim yang solid dan mempunyai rasa sosial yang tinggi sangat diperlukan di saat-saat seperti itu. Seperti halnya desa lain yang telah memiliki tim-tim reaksi cepat dalam penanganan bencana, Desa Bawuran pun memiliki Tm Kampung Siaga Bencana yang memiliki anggota kurang lebih 60 orang, yang berasal dari seluruh dusun yang ada di Desa Bawuran.

Dalam acara evaluasi Kampung Siaga Bencana yang dilaksanakan Kamis malam (29/3/2018) bertempat di Aula Kantor Lurah Desa Bawuran, menitikberatkan pada kepengurusan yang sudah beberapa tahun belum dimaksimalkan. Beberapa peserta acara tersebut memberikan gagasan untuk merombak kepengurusan lama supaya dibentuk kepengurusan baru yang lebih solid. Namaun dalam kaitannya merubah kepengurusan harus melalui mekanisme yang sesuai dengan peraturan dari Dinas Sosial.

Acara yang dihadiri langsung oleh Lurah Desa Bawuran, Harmawan, diberikan laporan dari Ketua 2  saudara Supardiono. Laporan tersebut berkaitan dengan bencana yang telah terjadi, penanganannya, serta jumlah stok logistik yang sudah digunakan untuk membantu korban becana, serta jumlah logistik yang masih ada di gudang KSB Barak Lintang Desa Bawuran. (Foto dan Kontributor : Adhy Irawan S.)

Komentar atas Evaluasi Kampung Siaga Bencana, Tekankan Pada Kepengurusan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Open Data Pronangkis

Open Data Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Cari artikel

Pengumuman

Selamat Tahun Baru 2022

Scan Lewat Smartphone

qr code

GPR Kominfo

Tanggal dan Waktu Sekarang

Waktu di DI Yogyakarta:

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License