Pelatihan Pemanfaatan dan Pengelolaan Sampah

Administrator 09 Agustus 2018 08:31:48 WIB

LensaBawuran - Sampah menjadi problematika yang tidak pernah habis dalam membahasnya. Diperlukan kesadaran yang tinggi untuk membuang sampah pada tempatnya. Permasaahan ini menjadi perhatian oleh Dinas Lingkungan Hidup. Melalui kegiatan desa di Desa Bawuran dalam pengelolaan sampah, Pemerintah Desa Bawuran turut mengundang Dinas Lingkungan Hidup. Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (9/8/2018) bertempat di Aula Kantor Lurah Desa Bawuran, selaku narasumber Wahid dari Dinas Lingkungan Hidup.

Pada Dinas Lingkungan Hidup, menjadi prioritas utama mengelola sampah, karena merupakan program unggulan dalam upaya menjadikan Bantul Bersih 2019. Output target dasar yakni sampah tidak dibuang di sembarang tempat dan dapat ditempatkan pada tempat yang semestinya. Dalam mencapai target tersebut, perlu dilakukan tahapan-tahapan penyadaran, pemenuhan sarana dan prasarana, pemenuhan sumber daya manusia serta penguatan kerjasama dan kolaborasi dengan stake holder terkait.

Pada tingkat individu, masih menurut Wahid, dalam penanganan sampah dengan menerapkan proses 3R, yaitu Reduce sebagai mengurangi volume sampah dari sumbernya. Proses kedua Reuse, yaitu menggunakan kembali sampah yang bisa dimanfaatkan. Dan yag terakhir adalah Recycle, yaitu melakukan pengolahan sampah sehingga menjadi barang yang bermanfaat. (Adhy Irawan S.)

Komentar atas Pelatihan Pemanfaatan dan Pengelolaan Sampah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Open Data Pronangkis

Open Data Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Cari artikel

Pengumuman

Selamat Tahun Baru 2022

Scan Lewat Smartphone

qr code

GPR Kominfo

Tanggal dan Waktu Sekarang

Waktu di DI Yogyakarta:

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License