Bimbingan Teknis Desa Online dari DPPKBPMD

Administrator 23 November 2018 17:25:12 WIB

LensaBawuran - Dalam usahanya turut mengembangkan desa secara online, yang merupakan program Smart City dari Kabupaten Bantul, Dinas Pengendalian Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Bantul mengadakan bimbingan teknis bagi Carik Desa dan Pengelola Sistem Informasi Desa (SID), yang berlangsung 2 hari, yakni Kamis (22/11/2018) dan Jum'at (23/11/2018) bertempat di aula DPPKBPMD Kabupaten Bantul.

Di hari pertama, selaku narasumber yaitu Slamet, pendamping desa yang ada di DPPKBPMD. Beliau memberikan materi tentag perlunya integrasi aplikasi yang ada di Kabupaten Bantul, agar dapat diakses dengan cepat dan terpadu. Beliau juga memperkenalkan aplikasi berbasis android, yaitu SIPBM (Sistem Informasi Pelayanan Berbasis Masyarakat).

Masih di hari pertama, selaku narasumber kedua yaitu Mujahid, dari Bappeda Kabupaten Bantul. Beliau memberikan materi tentang Bantul Smart City yang dicanangkan Bupati Bantul harus didukung oleh pengelola SID, bahkan meminta pada Carik Desa agar di tiap desa masing-masing menganggarkan dalam APBDes nya untuk mendukung operasional tentang TI desa masing-masing.

Di hari kedua, narasumber yang diajukan oleh DPPKBPMD adalah Aji dari Forum Pengembang Nasional Sistem Informasi Desa. Beliau memberikan tema ide baru dalam euforia desa online. Intinya adalah, dalam pengembangan teknologi informasi diharapkan dapat mencapai 7 poin yang di Kabupaten Bantul sudah mampu menerapkannya.

Dalam bimbingan teknis ini diharapkan dapat menjadi prioritas dalam pelayanan, juga memberikan efek positif dalam mengembangkan desa masing-masing, baik aspek wisata maupun kuliner dan bidang lainnya. Serta diharapkan pula, berbagai aplikasi yang sudah dibuat oleh Kabupaten Bantul maupun dari pusat Jakarta, dapat diintegrasikan menjadi 1 aplikasi yang dapat diakses oleh siapa saja dalam 1 portal. (Adhy Irawan S.)

Komentar atas Bimbingan Teknis Desa Online dari DPPKBPMD

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Open Data Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Cari artikel

Pengumuman

20 Juli 2019 Upacara Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-188

Scan Lewat Smartphone

qr code

GPR Kominfo

Tanggal dan Waktu Sekarang

Waktu di DI Yogyakarta: