Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Tahun 2018

Administrator 24 November 2018 19:42:51 WIB

Lensa Bawuran - Dalam rangka memberikan pemahaman dan pengetahuan lebih dalam tentang pembuatan SPJ dalam usaha mempertanggungjawabkan penggunaan dana yang dikucurkan di desa, Isnandar Hadi, S.H. selaku ketua tim menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa, Jum'at (16/11/2018) dan Sabtu (17/11/2018).

Di hari pertama, selaku narasumber dari Inspektorat Kabupaten Bantul, memberikan materi tentang perlunya SPJ dalam mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran di desa. Sudah tentu di dalam kerumitan prosedur yang harus dilakukan, apabila dilakukan dengan benar, akan menjadikan pihak Pemerintah Desa menjadi aman, baik dalam penyelenggaraan maupun saat dilakukan pemeriksaan.

Pada hari kedua, seluruh Aparatur Pemerintahan Desa yang terdiri dari unsur Lurah dan Pamong Desa, BPD dan Lembaga Desa yang meliputi LKM, PKK, LPMD, dan Karang Taruna, turut ikut serta mengikuti perjalanan ke Umbul Ponggok Klaten. Tempat tersebut dituju karena selain menjadi temat rekreasi, dapat pula menjadi tempat belajar bagaimana sebuah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) yang cukup fantastis, yakni 14 Miliar per tahun. Di samping itu pula dari PADes tersebut dapat membiayai warganya yang kurang mampu baik dari segi pendidikan maupun kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Ketua BPD, H. Sumarjono M.M., berpesan agar setelah pulang dari Umbul Ponggok Klaten, dapat diaplikasikan pada Desa Bawuran, agar tercipta PADes yang cukup untuk menjadi Desa yang Mandiri. Selain itu juga dapat mensejahterakan warganya, mauun Pemerintahan Desa Bawuran. (Adhy Irawan S.)

Komentar atas Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Tahun 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Open Data Pronangkis

Open Data Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Cari artikel

Pengumuman

Selamat Tahun Baru 2022

Scan Lewat Smartphone

qr code

GPR Kominfo

Tanggal dan Waktu Sekarang

Waktu di DI Yogyakarta:

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License