Kunjungan Kemenpora dalam Penilaian Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Administrator 06 September 2019 05:49:19 WIB

Lensa Bawuran - Dalam perjalanan waktu, kisah pengembangan wisata Puncak Sosok yang ada di Dusun Jambon, Desa Bawuran, merupakan hasil inspirasi para pemuda setempat. Dengan munculnya Puncak Sosok di tahun 2017, dan semakin banyaknya pengguna media sosial, menjadikan tempat wisata ini semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Tidak hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan dari daerah lain di luar kabupaten Bantul, bahkan dari luar Yogyakarta. Dari sekedar ingin mengetahui bagaimana keindahan Puncak Sosok, hingga ingin mempelajari manajemen pengelolaan Puncak Sosok.

Adalah Susilo Nugroho, sebagai salah satu pemuda pelopor yang diajukan oleh Desa Bawuran di bidang wisata. Setelah melalui beberapa tahapan tes dan presentasi, dia menjadi nominasi dari Kabupaten Bantul. Bahkan setelah menjadi peraih Juara 1 di tingkat Kabupaten Bantul, dia juga menjadi Juara 1 tingkat Propinsi DIY dan maju tingkat Nasional.

Penjurian dan penilaian dilakukan hari Kamis (5/9) di lokasi Wisata Puncak Sosok. Sebelumnya, Pihak Juri yang berasal dari Kemenpora, dikawal langsung oleh Polres Bantul, Dikpora Bantul dan Pihak Kecamatan Pleret. Mereka disambut oleh Drum Band dari TPA Nur Sidiq Jambon, serta dikalungkan syal dan diberikan topi caping.

Mendekati lokasi wisata Puncak Sosok dengan diantar menggunakan Jeep terbuka, tim Juri antusias dan sangat senang dengan penyambutan yang diberikan. Di lokasi Puncak Sosok, disambut juga oleh ibu-ibu Dusun Jambon sambil membunyikan otok-otok dan gejlok lesung yang dimainkan oleh ibu-ibu PKK Desa Bawuran. Bahkan tim Juri juga ikut melakukan gejlok lesung dan mengikuti lagu yang dibawakan yaitu nyanyian khas Bawuran untuk menerima tamu.

Tim Juri yang diketuai oleh Dra. Sopty Popiyati, M.Pd. selaku Kabid Kepeloporan dan rekannya Yustia Elita, S.Sos. selaku Kasubbid Tanggap Bencana, keduanya dari Kemenpora RI dikenalkan dengan beberapa bagian dari Puncak Sosok, serta memperkenalkan beberapa kuliner yang ada di Puncak Sosok.

Setelah memasuki ruangan presentasi yang telah disediakan oleh pengelola, tim Juri, perwakilan dari Polres Bantul, Dikpora Bantul, Camat Pleret dan Pemerintah Desa Bawuran, Babinkamtibmas serta Babinsa mengikuti jalannya acara penilaian. Dalam sambutannya, Lurah Desa Bawuran, Harmawan, mendukung segala upaya untuk pengembangan Puncak Sosok, termasuk mendukung penuh Pemuda Pelopor Saudara Susilo Nugroho dalam rangka mengikuti rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemenpora RI. Harapannya dengan kegiatan ini dapat memberikan efek positif terhadap pengembangan desa Bawuran, utamanya tempat wisata Puncak Sosok.

Setelah selesai penjurian, tim Juri memberikan sedikit masukan agar menjadi lebih baik sebagai pelopor pemuda bidang wisata.

Setelah acara selesai, tim Juri menikmati keindahan matahari tenggelam sebagai salah satu kelebihan Puncak Sosok. Selain itu, salah satu tim Juri ikut menyanyi di atas panggung untuk menghibur wisatawan yang datang. Tim Juri kemudian diajak menikmati kopi buatan pemuda setempat, ─Ćan dilanjutkan meninggalkan tempat wisata Puncak Sosok. (Irawan)

Komentar atas Kunjungan Kemenpora dalam Penilaian Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Open Data Pronangkis

Open Data Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Cari artikel

Pengumuman

Selamat Tahun Baru 2022

Scan Lewat Smartphone

qr code

GPR Kominfo

Tanggal dan Waktu Sekarang

Waktu di DI Yogyakarta:

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License