Monitoring dan Evaluasi Penggunaan Aplikasi Tanah Kas Desa

Administrator 06 September 2019 10:35:56 WIB

Lensa Bawuran - Bantul - Penggunaan aplikasi Tanah Kas Desa oleh operator pengelola aplikasi diharapkan dilaksanakan oleh operator yang telah mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi. Karena pentingnya penggunaan apilkasi ini, nantinya operator akan dibuatkan Surat Keputusan (SK) dari Pemda Bantul.

Disampaikan pula penggunaan aplikasi menyangkut tata cara memasukkan data dan memperkenalkan cara merubah data apabila diperlukan. Selain itu, memasukkan data tidak harus manual (menulis satu per satu) namun dapat di import melalui tabel dari excel atau semacamnya. Tentunya dengan menggunakan format yang sudah disediakan dari aplikasi agar dapat terbaca.

Apabila kesulitan dalam memasukkan data, operator dapat meminta bantuan dari Dinas Kominfo untuk membantu dalam hal import data ke dalam aplikasi. Selain itu, perlu dipahami dan diteliti sebelum dilakukan import data. Hal ini dikarenakan data yang di-import akan menimpa data yang lama. Untuk itu, import data hanya dilakukan apabila data yang baru sudah benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Namun, apabila hanya merubah beberapa data, sebaiknya menggunakan menu ubah dan disesuaikan menurit kebutuhan.

Disampaikan pula bahwa pengumpulan data operator aplikasi, diharapkan sudah lengkap sebelum tanggal 20 September. Hal ini berguna dalam permintaan pertanggungjawaban data yang sudah dimasukkan dalam aplikasi. Selain itu, memperlancar komunikasi dalam penyampaian informasi secara cepat agar dapat segera ditindaklanjuti. (Irawan)

 

Komentar atas Monitoring dan Evaluasi Penggunaan Aplikasi Tanah Kas Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Open Data Pronangkis

Open Data Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Cari artikel

Pengumuman

Selamat Tahun Baru 2022

Scan Lewat Smartphone

qr code

GPR Kominfo

Tanggal dan Waktu Sekarang

Waktu di DI Yogyakarta:

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License