Sosialisasi Survei Program Jamkesda Oleh IDEA dan Forum Jarlindes

Administrator 20 Maret 2021 11:16:23 WIB

Lensa Bawuran - Kalurahan Bawuran bekerjasama dengan Ide dan Analitika Indonesia (IDEA) melakukan survei dalam program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Hasilnya disosialisasikan pada tokoh masyarakat, Jum'at (19/3) bertempat di Pendopo Balai Kalurahan Bawuran.

Dalam sambutannya, Lurah Bawuran, Supardiono, mengharapkan hasil survei nantinya bisa digunakan untuk pertimbangan dalam membuat kebijakan di tingkat kabupaten.

Latar belakang dilaksanakan survei ini adalah sebagai bagian dalam pengawasan layanan publik dan program-program penanggulangan kemiskinan. IDEA bermitra pada dua kabupaten yaitu Bantul dan Kulon Progo. Di Bantul bermitra dengan Kalurahan Bangunjiwo Kapanewon Kasihan dan Kalurahan Bawuran Kapanewon Pleret. Kegiatan ini juga untuk mendorong kelompok warga terlibat aktif dalam perencanaan pembangunan yang kemudian dibentuk satu forum akuntabilitas publik -Jarlindes- jaring lintas desa.

Hasil yang diharapkan adalah adanya hasil monitoring dan evaluasi program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bantul dan Kulon Progo.

Alasan warga mengajukan program Jamkesda mayoritas jawaban karena tidak memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) maupun jaminan lainnya. Disamping itu, ada yang menjawab tidak memiliki biaya.

Responden mengetahui informasi mengenai program Jamkesda sebagian besar didapat dari pihak Rumah Sakit, sebagian lainnya dari Dukuh, selebihnya didapat dari kader kesehatan, saudara,warga sekitar dan internet. (AIS)

 

 

Komentar atas Sosialisasi Survei Program Jamkesda Oleh IDEA dan Forum Jarlindes

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Open Data Pronangkis

Open Data Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Cari artikel

Pengumuman

Selamat Tahun Baru 2022

Scan Lewat Smartphone

qr code

GPR Kominfo

Tanggal dan Waktu Sekarang

Waktu di DI Yogyakarta:

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License