Bekali Relawan, PemKal Bawuran Adakan Pelatihan

Administrator 17 Desember 2021 00:09:12 WIB

Lensa Bawuran - Di penghujung tahun 2021, Kalurahan Bawuran masih sempat mendapatkan warga terkonfirmasi positif Covid19, yang didapat dari uji sampel secara acak maupun hasil pelacakan kontak erat dari yang terkonfirmasi ppsitif sebelumnya.

Hal ini membuat tim relawan tingkat kalurahan bergerak kembali guna melakukan disinfeksi rumah dan lingkungan sekitar agar tidak berkembang ke rumah lainnya.

Selain itu, guna mempersiapkan tim relawan untuk rukti jenazah Covid19, diadakan sosialisasi dan pelatihan pemulasaran jenazah, Kamis (16/12) di Pendopo Balai Kalurahan Bawuran. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Kalurahan Bawuran dengan Puskesmas Pleret dan PMI Kabupaten Bantul.

Walau terkesan terlambat daripada waktu terjadinya puncak kenaikan jumlah kasus kematian yang disebabkan terkonfirmasi positif Covid19 pada bulan Juni-Juli-Agustus yang lalu, namun pelatihan ini harus dilaksanakan agar tim rukti jenazah lebih siap dalam melaksanakan tugasnya.

Dalam sambutannya, Lurah Bawuran, Supardiono, SSn., menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi relawan yang telah membantu tenaga dan fikiran dalam penanganan kasus Covid19 yang ada di Kalurahan Bawuran.

Turut hadir pada kesempatan ini, Pendamping Kalurahan dari Kapanewon Pleret, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Carik dan semua Perangkat Kalurahan, Dukuh, dan relawan dari seluruh padukuhan.

Materi sosialisasi tentang virus Covid19 disampaikan oleh dokter Aprilia Dwi Iriani dari Puskesmas Pleret, mengenai pengenalan virus, penyebarannya, hingga bagaimana virus mati.

Sedangkan dalam materi kedua, mempraktekkan cara rukti jenazah karena kasus.Covid19 dengan benar dan sesuai kearifan lokal, oleh Haryono dari PMI Kabupaten Bantul.

Harapan semua pihak, rukti jenazah yang meninggal karena kasus Covid19 ini tidak digunakan, namun lebih baik juga karena menjadikan ilmu dan pengetahuan bagi yang belum mengetahui, serta lebih menambah ilmu bagi yang sudah pernah melaksanakan. (AIS)

Komentar atas Bekali Relawan, PemKal Bawuran Adakan Pelatihan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Open Data Pronangkis

Open Data Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Cari artikel

Pengumuman

Selamat Tahun Baru 2022

Scan Lewat Smartphone

qr code

GPR Kominfo

Tanggal dan Waktu Sekarang

Waktu di DI Yogyakarta:

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License