Bumkalma, Bamuskal Adakan Musyawarah Kalurahan

Administrator 02 Juni 2022 09:19:41 WIB

Lensa Bawuran - Setelah Kalurahan Segoroyoso dan Kalurahan Wonolelo, Bamuskal Kalurahan Bawuran melaksanakan Musyawarah Kalurahan (MusKal), Senin malam (30/5) bertempat di Pendopo Kalurahan Bawuran. MusKal ini membahas kerjasama antar kalurahan dalam rangka pembentukan pengelola dana bergulir masyarakat (DBM) eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat mandiri Pedesaan (PNPM MPd) menjadi Badan Usaha Milik Kalurahan Bersama (BUMKALMA).

Turut hadir Panewu Pleret, Pendamping Desa, Lurah Bawuran beserta perangkat kalurahan, Ketua dan anggota pengurus Unit Pengelola Keuangan (UPK) Pleret.

Dalam kesempatan ini, Lurah Bawuran, Supardiono, S.Sn. menyampaikan laporan Pemerintah Kalurahan tentang kebijakan pembentukan pengelola DBM eks PNPM MPd menjadi Bumkalma dan rangkuman review aset UPK sampai akhir tahun 2021, juga disampaikan besaran penyertaan modal Bumkalma.

Disepakati pula untuk mengikuti musyawarah antar kalurahan, Bawuran mengirimkan utusan yang berasal sebanyak 6 orang, yang terdiri dari Lurah dan Ulu-Ulu dari unsur Pemerintah Kalurahan, Ketua Bamuskal, Kasidi dari unsur LPMKal, Eni Susilowati dari unsur tokoh masyarakat dan Partinah dari unsur SPP.

Ketua UPK Pleret, Zunus Riyawan, menyampaikan sejarah terbentuknya UPK Pleret dan sistem kerja yang dilakukan. "Bahwa UPK merupakan eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat mandiri Pedesaan (PNPM MPd)" ujarnya.

Dari Bamuskal menyatakan pandangan resminya diantaranya bahwa pembentukan Bumkalma ini sebagai upaya untuk memberikan kepastian hukum pada UPK dalam mengelola aset dari eks PNPM MPd, menumbuhkan kegiatan ekonomi produktif. Bamuskal juga menyetujui delegasi untuk mengikuti musyawarah antar kalurahan. Serta menyarankan agar segera membentuk AD ART sebagai dasar menjalankan unit usaha.

Nantinya musyawarah antar kalurahan membentuk pengelola dana bergulir masyarakat (DBM) eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat mandiri Pedesaan (PNPM MPd) menjadi Badan Usaha Milik Kalurahan Bersama (BUMKALMA). (AIS)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Open Data Pronangkis

Open Data Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Cari artikel

Pengumuman

Selamat Tahun Baru 2022

Scan Lewat Smartphone

qr code

GPR Kominfo

Tanggal dan Waktu Sekarang

Waktu di DI Yogyakarta:

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License