27 September 1830 ditetapkan sebagai Hari Jadi Kalurahan Bawuran

Admin 2 11 Mei 2023 18:23:11 WIB

Pemerintah Kalurahan Bawuran melaksanakan Musyawarah dalam rangka penentuan Hari Jadi Kalurahan Bawuran di Pendopo Kalurahan Bawuran. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (11/05) ini dihadiri oleh Lurah dan Pamong Kalurahan, Bamuskal, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan serta Tokoh Masyarakat se-Kalurahan Bawuran. Penentuan hari jadi Kalurahan Bawuran mengacu pada jejak sejarah yang ada di Kalurahan Bawuran serta berbagai sumber jejak sejarah Kalurahan Bawuran.

Kusno Setiyo Utomo, S.Sos., S.H., M.A.P., M.H. seorang pelaku pengamat sejarah dan juga bertindak sebagai narasumber menyampaikan “Setelah perang Diponegoro selesai, pada 27 September 1830 terjadi peristiwa penting berupa penandatanganan Perjanjian Klaten. Cerita seputar Perjanjian Klaten ini relatif jarang disebut ke publik. Bahkan keberadaan Perjanjian Klaten kalah populer dengan Perjanjian Giyanti 13 Februari 1755 yang membelah Kerajaan Mataram menjadi Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Ngayogyakarta”.

Pada pasal 5 isi Perjanjian Klaten menyebutkan bahwa Kapanewon Kotagede Surakarta meliputi Kalurahan Jagalan, Singosaren, Segarayasa, Bawuran dan Kalurahan Wanalela ditambah Kalurahan Terong serta Jatimulyo. Dengan demikian, sesuai asal usulnya, desa-desa/kelurahan tersebut berasal dari Kasunanan Surakarta. Wilayah tersebut sebagai tanah enclave.

“Inilah awal kelahiran Kelurahan/Desa Bawuran sebagai wilayah administrasi di bawah Pemerintahan Kasunanan Surakarta. Selanjutnya, saat pembentukan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1950, disebutkan bahwa  daerah yang meliputi daerah Kasultanan Yogyakarta dan daerah Paku Alaman ditetapkan sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta.” imbuhnya.

Sebagai ahli sejarawan, Kusno Setiyo Utomo memiliki pandangan jejak sejarah Kalurahan/Desa Bawuran  lahir bersamaan dengan momentum Perjanjian Klaten 27 September 1830 sehingga hari jadi Kalurahan Bawuran ditetapkan pada tanggal tesebut.

Untuk mengesahkan musyawarah penentuan Hari Jadi Kalurahan Bawuran, selanjutnya dilakukan penandatanganan Berita Acara Penetapan Hari Jadi Kalurahan Bawuran oleh perwakilan dari berbagai unsur, yakni Lurah Bawuran, Ketua Bamuskal, Ketua PKK, Ketua Karang Taruna, Perwakilan Ketua RT dan Tokoh Masyarakat. (nun)

Komentar atas 27 September 1830 ditetapkan sebagai Hari Jadi Kalurahan Bawuran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Open Data Pronangkis

Open Data Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Cari artikel

Pengumuman

Selamat Tahun Baru 2022

Scan Lewat Smartphone

qr code

GPR Kominfo

Tanggal dan Waktu Sekarang

Waktu di DI Yogyakarta:

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License