Tempat Wisata di Jogja (2017)

Administrator 24 Desember 2017 21:57:03 WIB

Ini dia daftar tempat wisata di Jogja terbaru yang paling bagus dan hits. Dari mulai wisata alam, pantai, kuliner enak, waterpark, wahana bermain anak, hingga tempat nongkrong ada semua disini. Beberapa diantaranya merupakan objek wisata baru yang jarang dikunjungi atau belum terjamah. Bahasa “kerennya” masih virgin atau perawan.

Tak bisa dipungkiri bahwa Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan destinasi wisata favorit para wisatawan selain Bali dan Bandung. Hampir setiap akhir pekan atau liburan, Kota Gudeg ini selalu dipadati oleh para traveler mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa.

Alasannya mungkin cukup simpel, Jogja adalah kota yang ramah dan nyaman untuk liburan. Akomodasi seperti hotel dan transportasi pun lengkap. Biaya wisata di Jogja juga relatif murah meriah sehingga terjangkau untuk semua kalangan, dari kelas bawah, menengah hingga atas.

Namun, sebenarnya ada satu daya tarik mengapa banyak traveler yang suka berkunjung ke Kota Pelajar ini. Apa itu? Ya jelas tempat rekreasinya donk. Boleh dibilang, Jogja merupakan kota wisata yang super lengkap dan menarik. Mulai dari keindahan pegunungan, pantai, alam, kuliner, budaya, edukasi, wahana bermain, sampai kawasan belanja tersedia semua disini. Tinggal pilih deh pokoknya.

Nah, karena saking banyaknya tempat wisata di Jogja dan sekitarnya yang terkenal, Anda harus pandai-pandai memilihnya. Untuk membantu Anda, Aneka Wisata telah menyusun rekomendasi tempat wisata baru di Jogja yang sedang naik daun dari mulai nama, lokasi, dan harga tiket masuk. Yuk, simak info wisata-nya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Di Jogja Terbaru Yang Paling Bagus Dan Menarik

  1. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark (Foto : aktualita.co)

Ini dia tempat wisata di Jogja terbaru yang lagi hits, yaitu Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Bagi Anda yang membawa anak-anak dan keluarga nampaknya pas banget mengunjungi waterpark di Jogja ini. Jogja Bay merupakan waterpark terbesar, terlengkap, dan tercanggih di Indonesia.

Tempat rekreasi anak dan keluarga ini berada di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman atau di sebelah utara Stadion Maguwoharjo. Jogja Bay begitu sebutannya dikelola oleh PT Taman Wisata Jogja (TWJ) dengan menyewa tanah kas desa setempat seluas 7,7 hektar.

Jogja Bay merupakan tempat arena permainan air yang mengacu waterbom di Bali dan waterpark di Orlando AS. Wahana terlengkap juga berusaha dicapai oleh Jogja Bay dengan memiliki 19 jenis wahana dengan keunggulan ‘How to survive in tsunamy and earthquake’. Disini tidak sebatas wisata air saja. Melainkan ada wahana edukasinya.

Untuk mendukung keberadaan Jogja Bay, PT Taman Wisata Jogja akan menyediakan kantong parkir yang ada mampu menampung 400 mobil, 30 bus dan 1.000 kendaraan roda dua. Tak hanya itu, juga akan disediakan shuttle bus dari komplek parkir yang akan membawa pengunjung ke depan pintu masuk.

Harbour Theater juga menjadi pelengkap dari waterpark Jogja Bay. Teater ini berkapasitas 1.500 orang yang memiliki audio berkualitas tinggi. Wahana lainnya adalah labirin yang bernama Jogja Bay Lighthouse. Serta juga terdapat Kruger bar untuk menikmati aneka makanan dan minumuman.

Lalu berapa harga tiket masuk Jogja Bay? Rencananya, Jogja Bay akan mematok harga tiket anak-anak kurang dari 2 tahun free. Sedangkan untuk anak-anak biaya tiketnya Rp. 60.000. Dewasa Rp. 90.000 dan orang tua diatas 65 tahun Rp. 60.000.

Jogja Bay buka setiap hari dari jam 09.00 hingga 18.00 WIB adapun Harbour Theater buka dari jam 19.00 hingga 22.00 WIB. Sedangkan untuk weekend Waterpark buka lebih cepat yaitu 08.00 WIB.

  1. Desa Wisata Kalibiru

Ilustrasi tempat foto yang instagram banget di Desa Wisata Kalibiru (Foto : wukitraveller.com)

Salah satu tempat wisata alam di Jogja yang sedang naik daun adalah Kalibiru di Bukit Menoreh, Kulonprogo, sebelah barat Yogyakarta. Desa Wisata Kalibiru terkenal dengan pemandangan dari ketinggian yang indah. Mulai dari pemandangan Waduk Sermo hingga flying fox di atas bukit. Tak kalah cantik dengan Tebing Keraton di Bandung.

Satu yang wajib dilakukan adalah berfoto di sebuah pohon tempat flying fox. Sebuah latar datar seluas kurang dari 1 meter dibuat untuk tempat flying fox. Karena berada di ketinggian, pemandangan yang tersaji pun luar biasa. Nah, di sinilah wisatawan biasanya berfoto dan hasilnya pasti ciamik!

Desa Wisata Kalibiru juga punya trek cantik yang bisa dipilih panjangnya. Ada yang 1,5 km hingga 7 km, tergantung keinginan. Wisata ke Desa Wisata Kalibiru di Kulonprogo bareng keluarga pastinya asyik. Biasanya seh anak muda yang suka banget ke tempat ini untuk berfoto dan menguploadnya ke instagram.

  1. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora (Foto : etanovita.wordpress.com)

Ini dia tempat wisata di Jogja terbaru yang pas banget buat anak muda yang suka selfie kekinian. Kosakora merupakan puncak bukit yang menawarkan keindahan yang sangat menawan. Dari Puncak Kosakora Anda bisa melihat pemandangan perbukitan, pemandangan pantai, sunrise dan sunset diatas Puncak Kosakora.

Untuk harga tiket masuk hanya dipungut biaya Rp.2000,- per orang. Cukup terjangkau untuk menikmati panorama keindahan puncak bukit Kosakora. Lalu bagaimana jalan menuju Puncak Kosakora? Ada denah-nya gak ya? Rute menuju Puncak Kosakora biasanya melewati Pantai Drini, Gunung Kidul.

Rute jalan menuju Puncak kosakora secara singkat dapat di gambarkan sebagai berikut : Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD lurus ke timur – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pos Retribusi Kawasan Pantai Gunungkidul – mengikuti jalan ke arah Pantai Drini – Puncak Kosakora.

Sebaiknya Anda datang ke objek wisata ini ketika pagi atau sore hari, saat sinar matahari tak begitu menyengat. Jika ingin menikmati keindahan sunset dan sunrise bisa juga camping di Puncak Kosakora. Di tempat ini telah tersedia persewaan tenda dome untuk menginap tanpa harus membawa sendiri dari rumah. Cukup mengeluarkan uang Rp 60.000 untuk tenda kecil atau Rp 100.000 untuk tenda besar.

 

  1. De Mata Trick Eye Museum

Museum 3D Yogyakarta (Foto : www.dematamuseum.com)

Siapa bilang wisata ke museum itu membosankan? Coba deh datang ke tempat wisata di Jogja yang bagus bernama De Mata Trick Eye Museum. Kesan Anda tentang museum yang kurang menarik mesti akan hilang tuh. Apalagi bagi Anda yang suka banget narsis, wajib deh datang ke museum ini.

De Mata trick Eye Museum memiliki sekitar 120 koleksi gambar 3 dimensi. Wisatawan dapat melampiaskan hasrat ke-narsis-annya pada setiap koleksi di museum ini. Jangan lupa, pastikan baterai kamera Anda dalam kondisi penuh. Karena sudah barang pasti, Anda akan jeprat-jepret kamera puluhan sampai ratusan kali di museum ini.

Berapa seh harga tiket masuk museum 3D Jogja? Harga tiket museum 3d Jogja yaitu sebesar Rp.35.000. Namun Anda cukup membayar Rp.25.000 untuk happy hour yaitu senin-kamis pukul 10.00 – 15.00. Museum ini buka mulai pukul 10 pagi sampai 10 malam.

Petugas museum akan dengan senang hati membantu Anda mengarahkan gaya agar foto yang dihasilkan dapat maksimal. Untuk gambar tertentu disediakan tangga untuk pijakan fotographer. Contoh gambar juga ditempel agar pengunjung dapat meniru gaya narsis Sang Model.

Oya, lokasi dan alamat museum 3d Jogja ini terletak di Basement Gedung Umar Kayam Kawasan XT Square, Jalan Veteran Yogyakarta. Selain De Mata, Anda juga bisa mengunjungi museum di Jogja yang menarik lainnya untuk mengisi liburan Anda bersama kaluarga dan teman-teman.

  1. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan (Foto : wisatajawa.com)

Bagi Anda yang bosan berkunjung ke tempat itu-itu saja di Yogyakarta, mungkin bisa mampir ke Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata di Jogja terbaru yang tengah naik daun tersebut memang menyajikan pemandangan indah Sungai Oya dari ketinggian.

Alamat dan lokasi Kebun Buah Mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul, dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Traveler dapat melihat keindahan alam Bantul yang masih hijau.

Selain itu, terdapat rekreasi keliling kebun buah hingga melihat pembibitan sapi. Sedangkan dari segi fasilitas, sudah ada penginapan ala homestay, gedung pertemuan, kolam renang, serta kantor manajemen. Asyik dan seru deh.

 

  1. Upside Down World Jogja

Salah satu spot berfoto di Upside Down World Jogja (Foto : instagram.com/upsidedownworldjogja)

Setelah sukses sebagai tempat wisata baru di Bali, kini Upside Down World hadir di kota Jogja. Objek wisata ini menyajikan sensasi suasana terbalik seperti di ruang angkasa. Bagi sobat traveler yang hoby narsis atau selfie, wajib deh mengunjungi tempat ini. Benar-benar unik dan keren! Pertama di Yogyakarta lho.

Sama seperti Upside Down World Bali, disini juga masih mengusung tema / konsep rumah atau tempat tinggal. Ada delapan spot untuk hunting foto disini, yaitu living room atau ruang tamu, bath room atau kamar mandi/toilet, kitchen atau dapur, master bed room, kids rooms, dining room atau ruang makan, laundry room, dan ada juga ruang 3 D.

Selain posisi yang serba terbalik, keunikan tempat wisata ini adalah semua furniture yang disediakan asli, bukan tempelan atau pun semacam lukisan 3 Dimensi. Sofa dan tempat tidurnya asli. Dapur dan segala peralatannya seperti wastafel, kompor gas, bahkan cairan buat cuci baju atau cuci piring pun asli/original. Bukan dari bahan plastik atau imitasi.

Salah satu ruangan di Upside Down World Yogyakarta (Foto : instagram.com/upsidedownworldjogja)

Harga tiket masuk Upside Down World Jogja sebesar Rp.60.000,- (dewasa) dan Rp.40.000,- untuk anak di bawah 135 cm. Saat masuk ke sini, Anda akan ditemani oleh seorang guest assistance, yang akan memandu Anda untuk menjelajah tiap spot yang instagramable.

Guest Assistance ini bisa juga menjadi juru foto dan penata gaya (tanpa memungut bayaran), agar Anda bisa benar-benar merasakan sensasi unik dari tempat liburan baru di Kota Yogyakarta ini. Oya, bagi sobat traveler yang akan mengunjungi destinasi ini, lebih baik datang pagi sekitar jam 10 an ketika masih sepi pengunjung agar bisa bebas ber-narsis ria.

Alamat dan lokasi Upside Down World Jogja terletak di Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (seberang Indomaret Casa Grande). Untuk jam buka mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB. Jangan lupa siapkan kamera dengan baterai yang full ya!

  1. Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksi (Foto : IG @bayu_diningrat01)

Bingung mencari tempat yang asyik di Yogyakarta buat libur akhir pekan dan tahun baru? Datang saja ke Taman Tebing Breksi yang lagi ngehits banget akhir-akhir ini dikalangan anak muda Jogja. Memangnya apa seh daya tarik Tebing Breksi ini?

Tebing Breksi yang terletak di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo, Prambanan ini menawarkan spot foto yang keren dan unik. Anda akan menemukan bongkahan bebatuan yang sebagian sengaja dipahat dengan ukiran yang cantik. Salah satunya adalah pahatan berbentuk wayang yang cocok sekali dijadikan sebagai latar untuk berfoto.

Bila dilihat secara sekilas, Bebatuan di Taman Tebing Breksi hampir mirip sengan Brown Canyon ikonnya wisata Semarang dan Green Canyon yang lagi ngetrend sebagai tempat wisata baru di Pangandaran. Perbedaannya mungkin terletak pada warna batuannya yang berwarna keabu-abuan.

Tak hanya bentuk bebatuannya yang indah, pemandangan di puncak tebing juga sangatlah menawan. Begitu sampai di puncak, Anda akan bisa melihat keindahan Candi Ijo dan Candi Ratu Boko berlatar Gunung Merapi hingga Merbabu. Di Kaki Tebing Breksi terdapat Tlatar Seneng yang digunakan sebagai tempat pertunjukan.

Karena di sekitar Taman Tebing Breksi tidak ada pohon sama sekali, maka bagi sobat traveler yang akan berkunjung kesini sebaiknya membawa topi, payung, dan sunblock. Bila Anda tak kuat panas, Anda bisa datang ke tebing ini ketika sore menjelang malam.

Untuk harga tiket masuk ke Taman Tebing Breksi sangatlah murah, hanya sekitar 5 ribu rupiah (harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu). Ada pun denah atau rute jalan menuju Taman Tebing Breksi bisa ditempuh melalui :

Kota Jogja – Jalan Jogja-Solo – Pasar Prambanan (sebelah selatan candi Prambanan) – Jalan Prambanan Piyungan – Petunjuk Arah Candi Ijo – Pertigaan sebelum SD N Sambirejo – Taman Tebing Breksi.

  1. Kebun Buah Langka Sedayu

Ilustrasi Kebun Buah Langka Sedayu

Nah, kalau tempat wisata edukatif di Jogja terbaru ini cocok sekali dikunjungi bagi anak-anak sekolah, pelajar, mahasiswa serta Anda para penggemar tanaman buah-buahan langka. Namanya Wisata Agro Edukatif Kebun Buah Langka Sedayu yang terletak di Jalan Wates km 12 Dusun Sundi Kidul, Kel. Argorejo, Kec.Sedayu, Kab. Bantul Yogyakarta.

Disini Anda akan disuguhi aneka tanaman buah langka yang berasal dari Indonesia dan luar negeri. Kebun ini mempunyai koleksi sekitar 300 buah tanaman langka seperti Anggur Brasil Basil (Jaboticaba), Buah Tin, Blackberry, Kacang Amazon, Jeruk Nagami dan masih banyak yang lainnya.

Ilustrasi contoh koleksi tanaman di Kebun Buah Langka Sedayu yaitu buah Tin dan Kacang Amazon

Tak hanya melihat saja, jika pas tanamannya sedang berbuah, Anda juga bisa mencicipinya lho! Asyik bukan? Anda juga bisa praktek menanam bibit dan tersedia berbagai bibit buah langka yang bisa dibeli seperti alpukat kendil, belimbing madu, cempedak, durian bawor, durian musangking, jambu air mawar jumbo, hingga nangka madu dengan harga mulai dari Rp.60.000,-.

Untuk fasilitas yang ada disini meliputi tempat parkir, mushola, dan Joglo yang berada di tengah-tengah kebun. Harga tiketnya cukup murah meriah, hanya 10 ribu rupiah per orang. Jam buka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Yuk, ajak keluarga dan buah hati Anda kesini untuk mengenal berbagai macam buah-buahan langka.

               

  1. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark (Foto : travel.detik.com dilansir dari facebook)

Selain objek wisata alam yang indah, Yogyakarta juga punya taman rekreasi yang baru dibuka di akhir tahun 2014 lalu. Terletak di Jalan Magelang Km 2, tepatnya berada di Sinduadi, Mlati, Sleman, hadir Sindu Kusuma Edupark.

Tidak jauh berbeda dengan taman rekreasi pada umumnya, Sindu Kusuma Edupark juga memiliki berbagai variasi wahana hiburan sekaligus belajar. Beberapa contoh wahananya seperti bianglala, sepeda terbang dan segway, semacam kendaraan listrik beroda dua.

Untuk hari biasa, tiket masuknya adalah Rp 15 ribu, dan Rp 50 ribu untuk weekend. Selain tiket masuk, pengunjung juga harus membayar untuk mencoba setiap wahana yang ada. Sindu Kusuma Edupark merupakan salah satu tempat wisata di Jogja terbaru yang wajib dikunjungi.

  1. Desa Kedung Miri

Jembatan Gantung Desa Kedung Miri (Foto : travel.detik.com)

Bagi Anda yang sedang mencari desa wisata di Jogja yang bagus dan menarik, coba deh sekali-kali datang ke Desa Kedung Miri. Alamat dan lokasi-nya terletak di Kelurahan Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Tempat wisata di Jogja terbaru ini menyajikan pemandangan perbukitan hijau nan indah, barisan pohon asri dan Sungai Oyo yang cantik. Satu yang paling menarik dan keren adalah jembatan gantung yang terbuat dari kayu. Jembatan ini berada tepat di atas Sungai Oyo. Jangan hanya melewatinya, foto-foto di sini pun wajib!

Meski berstatus desa wisata, namun tak ada pungutan biaya jika ingin masuk ke sini. Gratis! Cocok banget bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di Jogja yang murah. Suasana desa ini akan membuat Anda jatuh cinta dan tak mau lekas pulang. Anda pun bisa homestay di rumah penduduk atau minta izin untuk membangun kemah. Asyik!

  1. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong (Foto : wisataloka.com)

Liburan ke Yogyakarta tentu belum lengkap tanpa mengunjungi aneka tempat wisata pantai di Jogja yang indah dan eksotis. Pesona pantai di Jogja khususnya Kabupaten Gunungkidul, memang tidak ada habisnya.

Selain Pantai Indrayanti atau Sundak yang sudah populer, ada Pantai Ngandong yang indah namun belum terlalu terkenal dan jarang dikunjungi. Ciri khas utama pantai ini terletak pada airnya yang sangat jernih.

Saking jernihnya, traveler bisa melihat dasar laut di tepi pantai tanpa perlu menyelam. Ikan dan karang yang berada di dalam laut pun bisa terlihat dengan jelas oleh mata telanjang.

Secara letak, Pantai Ngandong berada di samping Pantai Sundak yang populer. Pasir di pantai ini juga putih dan tak kotor oleh sampah. Pastinya membuat wisatawan betah untuk berlama-lama santai di Pantai Ngandong.

Baca Juga : 10 Pantai Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

  1. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor (Foto : hipwee.com)

Tak usah jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk snorkeling. Di Jogja juga ada kok pantai yang asyik buat snorkeling. Pantai Nglambor namanya. Tempat wisata di Jogja terbaru ini tidak kalah indah dengan pantai-pantai lain yang sudah terkenal.

Berbeda dengan pantai selatan pada umumnya yang berombak, Pantai Nglambor memiliki ombak yang tenang dan berair dangkal. Sehingga cocok untuk berenang maupun snorkeling. Berbentuk seperti teluk dan diapit oleh dua bukit, pemandangan di Pantai Nglambor begitu indah dan mempesona.

Letaknya yang terhimpit Pantai Siung dan Pantai Jogan, juga membuat Pantai Nglambor seakan tersembunyi. Untuk mencapainya, Anda harus memarkirkan kendaraan sedikit jauh dari pantai. Dari tepi jalan, dilanjutkan dengan berjalan kaki meelewati ladang kacang dan deretan pepohonan sebelum sampai di Pantai Nglambor.

  1. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal adalah salah satu pantai pasir putih di Jogja terbaru yang indah (Foto : pasirpantai.com)

Satu lagi pantai di Gunung Kidul Jogja terbaru yang cantik, keren, dan ekosotis. Pantai Pok Tunggal namanya. Pantai ini termasuk tempat wisata di Jogja terbaru yang menarik karena memiliki pemandangan pantai yang landai dengan pasir putih yang dapat digunakan untuk kegiatan oleh raga pantai seperti volley pantai, treking tebing, sunset, makan malam romantis di tepi pantai.

Para wisatawan dapat menginap di pantai dengan tenda – tenda yang sudah disediakan. Pihak pengelola pantai poktunggal gunung kidul sengaja tidak membangun bangunan untuk penginapan dengan alasan agar para wisatawan yang bermalam di pantai ini memggunakan tenda agar menyatu dengan alam.

Menikmati keindahan pantai ini tidak lengkap bila tidak menunggu waktu menyaksikan matahari tenggelam unktuk menikmati keindahan sunsetnya. Oya, alamat dan lokasi Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga tiket masuk-nya sebesar 10.000 rupiah. Tarif sewa tenda dome Rp.60.000,- dan sewa payung pantai Rp.20.000,-. Fasilitas yang ada di pantai ini antara lain berupa parkir, kamar mandi, wc, warung kecil, dan mushola.

  1. Citra Grand Mutiara Waterpark

Citra Grand Mutiara Waterpark (Foto : jalanjogja.com)

Mengangkat tema Treasure Adventures, CitraGrand Mutiara Waterpark siap memberikan keceriaan dan sensasi tersendiri bagi para penikmat petualangan air di Yogyakarta. Alamat dan Lokasi tempat wisata menarik di Jogja terbaru ini ada di Perumahan CitraGrand Mutiara, Diamond Hill, Jl. Wates KM. 9, Gamping, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Waterpark ini menyuguhkan konsep eduwisata bagi para pengunjungnya dengan terus mengembangkan fasilitas permainan dan area mini outbond, tempat wisata baru ini juga siap memfasilitasi kegiatan akademis pelajaran olahraga aquatic untuk lembaga-lembaga akademis yang ada di kota Yogyakarta.

Untuk kapasitasnya sendiri, waterpark bisa menampung hingga sekitar seribu pengunjung. Sementara kalau mengalir alias bergantian, bisa hingga dua ribu pengunjung. Jam buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk-nya berapa?

Selama soft opening, pengunjung Waterpark berhak mendapatkan promotion rate untuk harga tiket masuk yaitu hari biasa sebesar Rp 35.000 dan akhir pekan Rp 50.000. Pas banget menjadi tempat wisata keluarga dan anak-anak di Jogja yang asik dan seru.

  1. Galaxy Water Park

Galaxy Water Park (Foto : bantulmedia.com)

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati wisata waterpark di Kawasan Bantul Yogyakarta, ada neh objek wisata baru yang bisa Anda kunjungi yaitu Galaxy Water Park. Galaxy Water Park punya berbagai wahana air seru yang tak hanya bisa dinikmati oleh anak-anak, namun juga remaja bahkan orang dewasa.

Anak-anak bisa menikmati asyiknya bermain air di kolam balita yang dilengkapi playground. Sedangkan para remaja dan orang dewasa bisa menikmati sensasi byur di kolam remaja yang dilengkapi dengan water slide, kolam arus atau di kolam olympic.

Alamat dan lokasi Galaxy Water Park terletak di Jl. Wonosari km.6 Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Tepatnya dari Perempatan Ringroad Wonosari ke arah timur, Anda akan menemukan water park ini di samping museum Kekayon Yogyakarta.

Harga tiketnya berapa? Harga tiket masuk Galaxy Waterpark sebesar 20.000 rupiah untuk Senin-Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu-Minggu anak-anak dikenai tiket sebesar 25.000 rupiah dan orang dewasa sebesar 30.000 rupiah. Jam buka pukul 08.00 – 18.00 WIB. Jangan lupa baca juga aneka waterboom di Jogja dan tempat wisata anak di Jogja yang menarik lainnya.

  1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Nglanggeran adalah salah satu tempat wisata alam di Jogja terbaru yang eksotik (Foto : pixoto.com)

Gunung Api Nglanggeran merupakan tempat wisata di Jogja yang baru dikenal, sejak ditetapkan sebagai kawasan material vulkanik. Gunung ini terletak di kawasan Baturagung, di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl.

Tepatnya, Gunung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk dengan jarak tempuh 22 km dari kota Wonosari. Gunung api purba ini punya banyak bebatuan hitam yang besar dan pemandangan cantik Yogyakarta dari ketinggian.

Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya, memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Dari hasil penelitian dan referensi dari berbagai sumber, dinyatakan Gunung Nglanggeran adalah gunung berapi purba.

Untuk menaiki gunung ini dibutuhkan stamina dan semangat yang luar biasa. Paling enak jika saat cuaca tidak terlalu panas. Lebih cenderung mendung berawan, sangat cocok untuk menaiki gunung api purba ini. Demi kelancaran, sebaiknya Anda memakai jasa pemandu untuk menaiki gunung ini.

Selama perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan nan cantik dari setiap sudut pandang, belum lagi di puncak gunung. Memang tidak sia-sia setiap jengkal tanah yang wisatawan lewati, semua terbayar di puncak gunung ini. Di sinilah pemandangan dari segala penjuru Gunungkidul terlihat dengan indah.

 

  1. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan (Foto : mp3smas.blogspot.com)

Tempat wisata di Jogja yang murah meriah ini terletak di daerah perbukitan daerah Dlingo, Bantul. Hutan ini menawarkan kesejukan serta pemandangan yang jarang Anda temukan di tempat lain. Pohon-pohon pinus yang ditanam sekitar tahun 1985 di kawasan RPH Mangunan itu, kini tumbuh menjulang tinggi.

Tiket masuknya gratis, Anda hanya cukup bayar parkir 3.000 rupiah untuk motor dan 10.000 rupiah untuk mobil. Tak hanya berfungsi sebagai hutan lindung, Hutan Pinus Mangunan juga menjadi destinasi yang tepat jika ingin menghilangkan penat. Perpaduan udara sejuk pegunungan dan pinus nan rindang membuat pikiran lebih tenang.

Sekilas deretan pinus merkusii di hutan homogen ini mengingatkan kita pada lokasi-lokasi syuting film di luar negeri. Makanya, tempat ini sering dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding atau sekadar hunting foto. Puas berfoto, Anda juga bisa meneruskan perjalanan ke kebun buah Mangunan yang letaknya tak jauh dari sini.

  1. Goa Pindul

Cave Tubing Di Gua Pindul (Foto : indonesiaforvacation.com)

Nah, kalau tempat wisata di Jogja yang baru ini mungkin sudah sering Anda dengar beberapa tahun belakangan ini. Ya, Goa Pindul namanya yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Gua ini disebut-sebut sebagai tempat cave tubing paling terkenal yang digemari wisatawan domestik dan mancanegara. Anda bisa menyusuri goa ini tanpa perlu keahlian khusus.

Gua Pindul merupakan salah satu gua dari 7 gua dengan aliran sungai bawah tanah. Panjang goa ini sekitar 350 meter dengan lebar 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap gua adalah 4 meter, dengan kedalaman air sekitar 5-12 meter. Cara paling baik menyusuri Gua Pindul tentu saja cave tubing. Apa itu cave tubing?

Cave tubing merupakan aktivitas menyusuri goa melalui sungai yang mengalir di dalamnya dengan memakai ban dan pelampung. Jadi, Anda akan mengapung di air menggunakan ban bukan perahu karet, kemudian menyusuri 3 zona yaitu zona terang, remang, dan gelap. Total sekitar 45-60 menit.

Cave tubing di Gua Pindul tergolong aman dan bisa dilakukan siapa saja. Satu pemandu bertanggungjawab terhadap 5-10 orang peserta. Peralatan yang digunakan adalah ban pelampung, life vest serta head lamp yang telah disediakan di sana.

Aliran sungai yang sangat tenang menjadikan aktivitas ini aman dilakukan oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Waktu terbaik untuk cave tubing di Gua Pindul adalah pagi hari sekitar pukul 09.00 atau 10.00 WIB. Oya, Goa Pindul nampaknya akan menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang mendunia.

Harga tiketnya berapa? Harga tiket masuk cave tubing Goa Pindul yaitu sebesar Rp. 35.000,-. Alamat dan lokasi-nya ada di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Dari Wonosari jaraknya sekitar 7 km. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

  1. Lava Tour Merapi

Off Road Lava Tour Merapi (Foto : yogyakartatourism.com)

Mari kita beralih ke kawasan Kaliurang, Sleman untuk mencoba wisata menegangkan yang memacu adrenalin di sana. Saatnya naik mobil jeep offroad yang jalanannya berundak-undak dan dipenuhi pasir untuk menelusuri kawasan Merapi yang diluluhlantahkan oleh lava lima tahun silam.

Driver jeep akan mengajak Anda bertualang melewati sungai dan jalanan yang tidak mulus. Badan bakal terguncang di atas mobil jeep offroad yang melaju kencang. Brum… Benar-benar tempat wisata di Jogja terbaru yang asik dan seru.

Kawasan di sekitar Merapi yang penuh kerikil, bebatuan dan pasir jadi lokasi yang paling dinanti. Adrenalin akan berdetak kencang kala melewati tanjakan dan turunan. Guncangannya makin hebat, perut berasa diaduk-aduk. Siap-siap pegangan!

Selain untuk bersenang-senang sekaligus memacu adrenalin, Lava Tour Merapi juga akan memberikan pemahaman dan gambaran Gunung Merapi. Terutama, kala tahun 2010 silam yang mana letusan Merapi menghabiskan semua pemukiman warga setempat.

Ada banyak tur operator yang menawarkan Lava Tour Merapi ini, di antaranya seperti Jeep Wisata Tlogo Putri Merapi, Jeep Wisata Merapi (JWM), Wisata Merapi Lava Tour, Jeep Merapi dan masih banyak lagi.

Paket yang ditawarkan pun beragam, bisa setengah hari atau seharian penuh. Harganya pun beragam, dari Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu lebih. Pengalaman naik mobil jeep offroad menjelajahi Merapi, harus dicoba sekali seumur hidup.

  1. Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari (Foto : brilio.net)

Ingin menikmati keindahan perbukitan hijau yang eksotis? Tak perlu susah-susah pergi ke luar negeri! Jogja juga punya lho tempat yang keren seperti di Selandia Baru (New Zealand). Green Village Gedangsari namanya. Tempat wisata di Jogja terbaru yang menarik ini pas banget buat Anda para pecinta fotografi. Tak kalah indah dengan Puncak Kosakora dan Kalibiru untuk narsis ala anak muda kekinian.

Alamat dan lokasi Green Village Gedangsari terletak di dataran tinggi dusun Guyangan Lor, Mertelu, perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul, DIY dengan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Desa wisata ini akan memanjakan Anda dengan pemandangan hamparan bukit hijau layaknya perbukitan di Selandia Baru. Anda juga bisa menikmati semilirnya angin sambil duduk di gubuk-gubuk kecil yang sudah disediakan.

Green Village Gedangsari cocok untuk para pemburu sunset dan tempat hunting foto di Jogja yang keren dan eksotis. Di puncak bukit desa ini Anda bisa melihat perbukitan dan juga beberapa gunung aktif serta daerah lain terlihat jelas. Tiket masuk Green Village Gedangsari berapa ya? Untuk masuknya tidak dipungut biaya alias gratis, Anda cukup membayar parkir kendaraan saja.

Panorama Keindahan Perbukitan Di Green Village Gedangsari (Foto : brilio.net)

Bagaimana rute jalan menuju ke Green Village Gedangsari? Akses menuju Green Village Gedangsari ini cukup mudah dijangkau dari segala arah. Hanya saja jalan utama menuju ke lokasi wisata memang cukup sempit dan menanjak sehingga para pengunjung harus ekstra hati-hati.

Rute menuju Green Village Gedangsari jika dari Klaten melalui Wedi ke arah selatan lewat jalur Dusun Watugajah. Sedangkan jika dari Timur (Bayat) pengunjung bisa melewati Kecamatan Bayat ke selatan lewat Desa Tegalrejo dan setelah itu ke arah barat lewat Guyangan Lor.

Jika Anda berangkat dari Jogja ada dua jalur alternatif menuju Green Village Gedangsari ini. Pertama melalui jalan utama Jogja-Wonosari. Dan yang kedua lewat jalan Solo-Klaten dan belok kiri arah Wedi. Sedangkan untuk peta Green Village Gedangsari kalau tidak salah bisa Anda buka di Google Maps dengan koordinat 7°48’46″S 110°36’56″E.

  1. Gua Jomblang

Caving Di Gua Jamblang (Foto : travel.detik.com)

Objek wisata alam Jogja yang belum terjamah ini menawarkan “cahaya surga” di perut bumi yang menegangkan. Coba deh bayangkan apa rasanya turun ke dasar gua dari ketinggian 70 meter dengan menggunakan tali? Belum lagi, suasana yang gelap dan udara yang lembab pun bakal lebih membuat deg-degan. Selamat datang di Gua Jomblang, Gunungkidul!

Bagi wisatawan yang suka main-main ke gua, nama Goa Jomblang pasti tidak asing di telinga. Inilah gua yang dikenal menantang karena masuk ke dalamnya tidak biasa. Anda harus turun ke dasar gua dengan tali sepanjang 70 meter untuk melihat cahaya surga. Tenang saja, ada pemandu dan peralatan yang aman. Tapi tetap, kesan adventure-nya tidak hilang.

Untuk turun ke Goa Jomblang tentu Anda harus memakai peralatan lengkap seperti harness, chest harness, ascender, auto descender, jammer, footloop, carabiner, serta cowstail panjang dan pendek. 15 Meter pertama berupa lereng yang masih bisa dipijak. Tapi setelah itu, untuk sampai di dasar gua, pengunjung harus turun tali sekitar 20 meter. Ini cukup menakutkan, apalagi bagi para pemula!

Di dasar Gua Jomblang, petualangan belum selesai. Anda bisa menyusuri hutan purba yang mana pepohonannya tidak ada di tempat lain. Belum lagi, menelusuri sungai bawah tanah di kedalaman 125 meter dan melihat cahaya surga yang terkenal.

Untuk paketnya, bisa didapatkan di agen-agen wisata di Yogyakarta. Harganya mulai Rp 450 ribu yang sudah termasuk pemandu dan peralatan. Satu hari, dibatasi 40 orang saja yang boleh masuk karena demi menjaga ekosistemnya. Ayo, buruan cobain! Rugi deh kalau sampai melewatkan “cahaya surga” tempat wisata di Yogyakarta yang indah dan eksotis ini.

 

  1. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo (Foto : titik0jogja.blogspot.com)

Siapa bilang Jogja gak punya kebun teh? Jogja itu kota wisata yang lengkap, jangankan kebun teh, wisata pasir putih yang eksotik seperti di Bali pun ada. Gak percaya? Coba deh sekali-kali datang ke Desa Wisata Nglinggo yang terletak di Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, D.I. Yogyakarta. Harga tiket masuknya cukup murah meriah, hanya 2.000 rupiah.

Menyusuri Desa Wisata Nglinggo, Anda akan menemui hamparan tanaman perdu dari genus Camellia atau yang dikenal dengan tanaman teh menghampar luas di ketinggian 900-1000 mdpl. Di kebun teh ini, Anda dapat berjalan-jalan mengelilingi kebun teh (tea walking), camping dan menikmati uniknya teh sangit (teh dengan bau asap karena disangrai dengan cara tradisional) yang menjadi minuman khas desa ini.

Untuk menuju tempat wisata di Jogja terbaru yang indah ini Anda bisa menyusuri rute berikut. Dari Tugu Jogja ke arah barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ringroad Barat, lurus – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, belok kanan – perempatan Dekso, belok kiri – Pasar Plono, belok kanan – ikuti petunjuk ke arah Desa Wisata Nglinggo – Desa Wisata Nglinggo.

  1. Taman Pelangi

Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali (Foto : yogyes.com)

Nah, kalau objek yang satu ini adalah tempat wisata malam di Jogja terbaru yang asik, dan seru. Namanya Taman Pelangi yang lokasi dan alamat-nya terletak di Monumen Jogja Kembali (Monjali). Monumen Jogja Kembali merupakan sebuah monumen dan museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang terletak di Jalan Lingkar Utara Yogyakarta.

Selain berisi rekaman sejarah untuk mengenang pahlawan kemerdekaan, monumen ini ternyata punya sisi romantisnya sendiri di malam hari. Di pelataran Monjali, ada Taman Pelangi yang terasa semarak dan romantis di malam hari.

Lampion-lampion berbagai bentuk menerangi tempat ini dengan cahayanya yang warna-warni. Cuma di sini Anda bisa melihat pelangi di malam hari. Apalagi, taman ini tergenapi dengan berbagai wanaha yang bisa dinikmati bersama teman, anak-anak, dan keluarga.

  1. Air Terjun Sri Getuk

Air Terjun Sri Gethuk (Foto : travelblog.ticktab.com)

Pesona wisata alam Gunung Kidul Jogja memang luar biasa. Selain pantai yang indah dan eksotis dengan pasir putihnya, di daerah kering ini juga ada air terjun yang sangat indah menawan. Air terjun Sri Gethuk namanya, terletak di ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Wisata Bleberan.

Di antara tebing-tebing karst, air terjun Sri Gethuk mengalir tanpa henti. Di bawahnya, terdapat bebatuan yang membentuk undak-undakan, menambah kesan unik dan mewah dari tempat wisata di Jogja terbaru ini.

Harga tiket masuknya berapa ya? Agar bisa menikmati air terjun yang eksotis dan keren ini, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar 35 ribu rupiah yang sekaligus menjadi tiket terusan ke Goa Rancang Kencono.

  1. Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubing Kalisuci (Foto : ranselhitam.com)

Selain Goa Pindul, ada satu lagi cave tubing yang tak kalah seru dan asyik, yaitu cave tubing di Kalisuci. Tempat wisata yang baru di Jogja ini menawarkan kegiatan susur goa menggunakan ban dalam atau body rafting melewati sungai yang terletak di dalam bumi. Kalisuci terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul.

Disebut Kalisuci karena di sini terdapat mata air yang letaknya di atas aliran sungai. Sungai ini airnya sangat jernih dan tetap jernih meskipun air sungai mengeruh ketika musim hujan. Dengan membayar retibusi sebesar 5 ribu dan harga tiket / paket cave tubing sebesar 70 ribu, Anda sudah bisa menikmati petualangan menyusuri sungai di perut bumi.

  1. House Of Raminten

Ilustrasi salah satu menu makanan di House Of Raminten (Foto : numberonetrip.com)

Ini dia tempat wisata kuliner terbaru di Jogja yang enak dan murah meriah. House of Raminten merupakan salah satu tempat nongkrong sekaligus destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi. Mengusung konsep “unique, antique, elegant” House of Raminten berusaha menghadirkan pesona masa lalu dalam konsep kekinian.

Sejak awal memasuki cafe ini pengunjung akan disambut pelayan yang mengenakan kemben dan pakaian jawa serta alunan gamelan. Yang paling menarik dari House of Raminten adalah menu dan cara penyajiannya.

Beberapa menu unik akan dijumapi di tempat ini semisal Wedang Gajah Ndekem, Es Melonkolis, Ayam Koteka, Bubur Kelasworo, Cunduk Raminten, dan masih banyak lagi. Penasaran bukan? Datang saja langsung ke lokasi dan alamat-nya di Jl. FM Noto No. 7, Kotabaru, Yogyakarta.

 

  1. Warkop Semesta

Waroeng Kopi (Warkop) Semesta (Foto : gudeg.net)

Nah, bagi anak muda wajib deh kayaknya menyambangi tempat nongkrong di Jogja terbaru yang satu ini. Namanya memang warung kopi, tapi jangan salah sangka dulu ya dengan tempat kuliner yang satu ini! Menu yang dihidangkan di tempat ini tak melulu kopi kok.

Warkop Semesta yang terletak di Jl. Abu Bakar Ali No. 2, Kotabaru ini menyajikan minuman lain seperti teh, coklat, softdrink, hingga jus. Makanannya pun beragam mulai dari snack ringan seperti pisang bakar dan jamur crispy hingga makanan berat seperti nasi penyet dan spaghetti.

Warkop Semesta buka setiap hari, 24 jam tanpa henti. Karena itu tempat ini cocok dijadikan tempat ketemuan dengan siapa pun dan kapan pun. Seperti layaknya warkop masa kini, Semesta juga dilengkapi dengan fasilitas wifi sehingga bisa menjadi salah satu alternatif tempat diskusi dan belajar kelompok.

#Update Tempat Wisata Di Jogja Terbaru Yang Paling Bagus

  1. Legend Cafe

Legend Cafe adalah salah satu tempat nongkrong di Jogja terbaru yang asyik dan enak (Foto : legendjogja.com/)

Satu lagi tempat nongkrong di Jogja terbaru yang lagi hits saat ini, Legend Cafe namanya. Terletak di lokasi strategis yakni dekat dengan Malioboro dan Stadion Kridosono, Legend Coffe yang buka 24 jam selalu ramai pengunjung. Tempatnya asik dan nyaman buat kongkow bareng teman-teman sampil wifi-an. Alamat lengkapnya di Jl. Abu Bakar Ali No. 24, Kotabaru, Yogyakarta.

Cafe ini memiliki arsitektur rumah Belanda yang unik dan elegan. Menunya pun cukup beragam mulai dari menu Indonesia seperti nasi goreng dan bubur ayam hingga menu barat seperti spaghetti macaroni dan beef steak. Begitu juga minumannya. Soal harga terbilang murah.

Fasilitas di Legend Coffe pun melimpah seperti wifi, soccer table, bilyang mini, kamabol, dart games, PS3, hingga Nitendo. Semuanya itu bisa digunakan oleh pengunjung. Cafe yang juga memberikan ruang khusus bagi komunita yang ingin memajang karyanya ini juga kerap dijadikan lokasi press conference hingga konser beberapa band.

  1. Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Ilustrasi Pemandangan Telaga Biru Gunung Kidul (Foto : instagram.com/reffanjunior_046)

Telaga Biru Semin Gunung Kidul belakangan ini sedang naik daun alias ngehits di sosial media karena keindahannya. Pesona alami bekas lokasi tambang tersebut membuat penasaran para traveler yang merindukan lokasi-lokasi baru yang masih alami.

Alamat dan lokasi Telaga Biru berada di Dusun Ngentak, Kelurahan Candirejo, Semin, Gunungkidul. Keindahan warna air telaga yang biru membuat wisata alam ini kian sempurna.

Telaga Biru atau Blue Lake ini sebenarnya bekas tempat penambangan batu kapur yang kemudian didiamkan begitu saja. Lama kelamaan kolam penambangan tersebut terisi oleh air hujan. Mungkin karena dasar kolam berupa batuan kapur maka air yang tergenang berwarna hijau kebiru-biruan.

Terdapat 4 kolam di sekitar telaga yang digunakan untuk sekedar foto foto atau untuk mandi anak anak dusun setempat. Untuk rute atau cara menuju ke Telaga Biru Gunungkidul membutuhkan waktu yang relatif lama karena jauh dari pusat Kota Jogja.

Anda dapat mencoba melalui jalur Wonosari-Semin-Watu kelir. Jika Anda dari arah Wonosari, silahkan ambil jalan menuju pasar semin. Nah jika sudah sampai pasar semin, ambillah jalan yang menuju ke Watu Kelir. Kalau dari arah semin menuju Watu Kelir ini maka bisa dikatakan ke arah utara.

Sebelum watu kelir, Anda akan menjumpai Gapura selamat datang di Gunungkidul, atau perbatasan Gunungkidul dengan Jawa Tengah yang masih dalam tahap pembangunan. Nah dari Gapura perbatasan tersebut Telaga biru masih lurus. Tapi kami sarankan untuk pelan-pelan.

Sekitar 1 Km dari gapura tersebut ada jembatan, dan pas disetelah jembatan tersebut silahkan ambil kanan, jalanannya cor blok. Silahkan lurus saja, setelah 300 silahkan ambil kiri. dan sekitar 200 meter sampailah di Telaga biru tersebut.

Untuk harga tiket masuk Telaga Biru Gunungkidul ini masih gratis karena memang masih baru dan alami belum dikelola. Siapkan saja uang untuk parkir sekitar Rp.2.000,- s/d Rp.5.000,-. Disini belum ada fasilitas penunjang seperti toilet atau mushola.

Untuk aktifitas yang bisa dilakukan disini tentu saja berfoto ria dengan background Telaga Warna Biru yang eksotis. Oleh karena itu, jangan sampai lupa membawa kamera yang full baterai ya! Rugi kalau sudah jauh-jauh kesini tanpa mengabadikannya dengan lensa kamera.

 

Sumber : https://www.anekawisata.com/25-tempat-wisata-di-jogja-terbaru-yang-paling-bagus.html                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Komentar atas Tempat Wisata di Jogja (2017)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Open Data Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Cari artikel

Pengumuman

20 Juli 2019 Upacara Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-188

Scan Lewat Smartphone

qr code

GPR Kominfo

Tanggal dan Waktu Sekarang

Waktu di DI Yogyakarta:

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License